Selasa, 26 Maret 2013

JALAN CINTA SEORANG SUFI RABI'ATUL ADAWIYAH

Tangga pertama dalam maqam sufi adalah taubat, dan tangga terakhir adalah maqam ma’rifat yang akan mengantarkan pada rasa mahabbah (cinta). Mahabbah adalah rasa yang muncul setelah yaqîn dengan wujudnya kekasih (aL-Mahbub). Bagi pecinta (al-muhib) hatinya telah kosong dari selain kekasih karena telah dipenuhi dengan keindahan dan keagungan sang kekasih. Dalam maqam pecinta (al-muhib) seperti ini, nikmat dan bala’ tidak ada bedanya. Setiap nafas yang dikeluarkan adalah hembusan kalam hikmah, karena ia tidak melihat dan mendengar selain dari aL-Mahbub (Allah). Sedangkan orang yang telah mencapai derajat al-mahbub (kekasih Allah), setiap hembusan nafasnya adalah kepastian Allah, karena ia berjalan di atas makhluk dengan pertolongan Allah.
Derajat al-mahbub lebih tinggi dari al-muhib, sebab pecinta adalah salik yang terpikat (al-majdzub), sedangkan al-mahbub adalah orang terpikat (al-majdzûb) yang salik, al-muhib adalah murîd (pencari) sedang al-mahbûb adalah murod (yang dicari). Ibadah dilakukan untuk mu’awadloh (mencari keuntungan), sedangkan mahabbah untuk taqorrub (persandingan) dengan kekasih. Dari sinilah manusia bisa dikelompokkan menjadi empat. Yakni manusia yang mengharapkan pahala dunia akhirat, manusia yang mengharapkan pahala akhirat saja, manusia yang mengharapkan pemilik kedua pahala tersebut dan manusia yang sama sekali tidak memiliki harapan.
Rabî’ah aL-Adawiyyah (w. 165 H), sepenggal nama yang sangat legendaris dalam dunia tasawuf, telah dinobatkan sebagai wanita perintis jalan mahabbah ini. Ketika sufi wanita terkenal dari Bahsrah ini berziarah ke makam Rasûlullâh saw. pernah mengatakan; “Maafkan aku ya Rasul, bukan aku tidak mencintaimu, tapi hatiku telah tertutup untuk cinta yang lain, karena telah penuh cintaku pada Allah swt.”. Tentang cinta itu sendiri Rabî’ah mengajarkan bahwa cinta harus menutup dari segala hal kecuali yang dicintainya. Bukan berarti Rabî’ah tidak cinta kepada Rasul, tapi kata-kata yang bermakna simbolis ini mengandung arti bahwa cinta kepada Allah adalah bentuk integrasi dari semua bentuk cinta termasuk cinta kepada Rasul. Jadi mencintai Rasûlullâh saw. sudah dihitung dalam mencintai Allah swt. Seorang mukmin pecinta Allah pastilah mencintai segala yang di cintai-Nya pula. Rasulullah pernah berdoa: “Ya Allah karuniakan kepadaku kecintaan kepada-Mu, kecintaan kepada orang yang mencintai-Mu dan kecintaan apa saja yang mendekatkan diriku pada kecintaan-Mu. Jadikanlah dzat-Mu lebih aku cintai dari pada air yang dingin.”
Untuk mencapai mahabbah ini, ada tangga-tangga (maqamat) yang harus dilewati, yakni taubat, zuhud, wara’, sabar, syukur dan ridlo. Pembagian tangga-tangga ini hanya sebatas teknis untuk memahamkan dan tidak bisa dipahami secara formal, dalam arti harus dijalani secara berurutan satu demi satu, melainkan boleh jadi semuanya dilakoni secara sekaligus. Dosa bagi penempuh jalan sufi adalah suatu yang sangat menyakitkan karena dapat memisahkan dengan Kekasih. Keyakinan bahwa dosa menjadi jurang pemisah dengan kekasih inilah yang akan membimbing seseorang tulus dalam taubat.
Setelah kerak dosa berhasil dihapus dengan taubat, maka dibutuhkan sebuah sikap penjagaan dari dosa, sikap yang harus dilakukan sebagai usaha ini adalah dengan gaya hidup zuhud dan wara’. Dalam perspektif sufi ada dua bentuk zuhud yang bisa dilakukan. Pertama zuhud dalam bentuk simbolis di mana seseorang menempatkan dunia di bawah kecintaan kepada Allah, artinya berharta namun tak sedikitpun terlintas dalam hati memilikinya. Kedua, zuhud total, yakni penolakan secara total segala sarana dan fasilitas duniawi. Jalan zuhud yang kedua inilah yang dipilih Rabî’ah sehingga membawanya pada sikap yang tidak bisa digoda oleh kemegahan dan kelezatan dunia.
Sikap zuhud atau menceraikan dunia dari hati harus diimbangi dengan sikap sabar dan syukur menghadapi setiap gelombang dan ombak kehidupan sehingga akan muncul sikap senantiasa ridlo dengan segala kehendak dan ketentuan Allah. Dalam konteks seperti ini, Rabî’ah pernah ditanya tentang ridlo, kapankah seorang hamba dikatakan ridlo? Dia menjawab; “apabila bagimu penderitaan sama menggembirakannya dengan anugrah”. Pernah ketika Rabî’ah sedang menderita sakit, Sufyan As-Saury memintanya berdoa agar lekas disembuhkan. Tetapi Rabî’ah malah mengatakan; “jika Allah bermaksud mengujiku, mengapa aku harus berpura-pura tidak tahu atas kehendak-Nya? Pernah juga suatu hari ketika Rabî’ah sedang shalat, batu bagian atas rumahnya jatuh mengenai kepalanya hingga berdarah. Ia tidak merasakan sedikitpun rasa sakit dan tetap melanjutkan shalat. Selesai shalat ia ditanya; Rabî’ah, apa engkau tidak merasakan sakit? Ia menjawab; “Tidak, sebab Allah telah menjadikan diriku ridlo menerima setiap kehendak-Nya. Setiap yang terjadi adalah atas kehendak-Nya”.
Di bawah kendali sikap sabar dan syukur inilah hamba akan senantiasa ridlo dengan setiap suratan Ilâhi yang telah digariskan. Mengeluh dan tidak menerima (ridlo) ketika ditimpa musibah adalah sikap berontak dan menggugat atas ketetapan-Nya. Sikap hamba seperti ini membuktikan masih mempersoalkan otoritas keagungan tuannya.
Keberhasilan melewati ritus-ritus di atas maka akan sampailah pada mahabbah yang merupakan puncak dari ajaran Rabî’ah. Ajaran cinta ini sebenarnya telah melampaui ajaran yang digagas oleh Hasan aL-Bashry yang bertumpu pada dorongan rasa takut (khauf) dan harapan (roja’). Bahkan Rabî’ah pernah melontarkan kritikan cerdas terhadap cara penyembahan Allah yang bertumpu pada khauf dan roja’. Dikisahkan, suatu hari sejumlah orang melihat Rabî’ah membawa sebatang obor dan seember air sambil berlari-lari. Mereka menegurnya, “wahai perempuan tua, hendak ke manakah engkau, dan apa arti semua ini? Rabî’ah menjawab; “aku akan menyulut api di surga dan menyiramkan air di neraka sehingga hijab di antara keduanya akan tersingkap sama sekali dari orang-orang yang berziarah dan tujuan mereka akan semakin yakin, lalu hamba-hamba Allah yang setia akan mampu menatap-Nya tanpa motifasi baik rasa takut atau harapan. Apa jadinya sekira harapan akan surga dan rasa takut akan neraka tidak ada sama sekali? Maka tidak ada seorang pun yang akan menyembah Allah”.
Menurut perspektif Rabî’ah, cinta membutuhkan totalitas, sehingga sikap yang harus dilakukan adalah bagaimana kekasih tidak merasa cemburu. Allah maha pencemburu. Jika tidak, kenapa Allah sangat murka dan tidak memaafkan ketika hamba menduakannya dengan sesembahan lain (musyrik)? Dikisahkan, suatu hari beberapa jamaah Rabî’ah mengunjunginya. Saat itu, Rabî’ah sedang terbaring sakit dengan tubuh lemah dan pucat. Mereka menyapa; “Rabî’ah, bagaimana keadaanmu?” Rabî’ah menjawab; “Aku juga tidak tahu apa penyebab penyakitku ini. Demi Allah diperlihatkan kepadaku surga, lalu aku terlintas untuk memilikinya. Mungkin Allah cemburu terhadap sikapku ini, lalu Dia mencelaku. Dia menghendaki agar aku kembali kepada-Nya dan menyadari kesalahanku”.
Inilah ajaran mahabbah yang dirilis Rabî’ah, sekedar membayangkan surga saja, ia sudah menganggap Kekasihnya cemburu. Sebuah kecemburuan suci. Jangankan kenikmatan duniawi, kenikmatan akhirat pun tidak ia harapkan, karena yang menjadi cita-citanya cuma satu; berjumpa dengan sang Kekasih (Allah). Hanya kepada hamba yang mencintai-Nya dengan cara seperti itu, Allah akan menyibakkan diri-Nya dengan segala keindahan (jamâl) dan keagungan-Nya (jal’âl) yang sempurna (kamâl). Rumusan cinta Rabî’ah dapat disimak dalam doa mistiknya:
“Oh Tuhan, jika aku menyembah-Mu karena takut api neraka, maka bakarlah aku di dalamnya dan besarkan tubuhku di neraka hingga tidak ada tempat lagi bagi hamba-hamba-Mu yang lain. Dan jika aku menyembah-Mu karena berharap surga, maka campakkanlah aku dari sana dan berikan surga itu untuk hamba-hamba-Mu yang lain; sebab bagiku engkau saja sudah cukup; Tapi jika aku menyembah-Mu karena Engkau semata, maka janganlah engkau sembunyikan keindahan-Mu yang abadi.”
Dalam kitab aL-Mahabbah, Imam aL-Ghazâly mengatakan bahwa cinta kepada Allah adalah tujuan puncak dari seluruh maqam spiritual dan ia menduduki level tertinggi.
“(Allah) mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya.” (QS. aL-Mâidah : 54)
MA'NA TAQWA

Ma'na Taqwa ( تقوى ) menurut beberapa tokoh ISLAM

Adapun yang dapat di nukil dari Sabda Nabi SAW adalah pernyataan beliau SAW:

Makna TAQWA terkumpul dalam firman Allah:

“Sesungguhnya Allah memerintahkan agar berbuat adil dan berbuat ihsan (baik)- serta menyantuni para kerabat, dan agar mencegah dari perbuatan keji dan munkar serta perbuatan lacur. Allah menasehati kalian agar kalian dapat mengambil pelajaran”. (An- Nahl 90).

Ibnu Abbas RA berkata:

”Orang Muttaqyn itu seseorang yang menjaga diri dari syirik, dari dosa- dosa besar, dan dari segala perbuatan keji”.

Ibnu Umar RA berkata: “Taqwa itu hendaknya kamu jangan memandang diri kamu lebih baik dibanding orang lain”.

Al- Hasan, semoga Allah merahmatinya- dia berkata:

“Orang bertaqwa itu adalah seseorang yang berkata kepada setiap orang yang dia lihat: ”O,.. Orang ini lebih baik dariku”.

Umar bin Khottob RA berkata kepada Ka’ab Al- Ahbar:

“Ceriterakan padaku tentang makna taqwa”, Ka’ab balik bertanya: “Apakah anda pernah meliwati jalan yang penuh duri?”. Umar menjawab: “Tentu”. Ka’ab meneruskan: “Apa yang anda lakukan?”. “Aku berhati- hati dan berusaha kuat agar tak kena duri”. Kata Ka’ab: “Itulah makna taqwa”.

Kemudian Ka’ab membacakan sebuah syair:

خل الذنوب صغيرها وكبيرها فهو التقي

واصنع كماش فوق أر ض الشوك يحذر ما يرى


لا تحقرن صغيرة إن الجبال من الحصى

Hindari segala dosa- yang kecil dan yang besarnya- itulah ketaqwaan
Bertindaklah bagaikan seseorang melewati padang duri, dia berhati- hati kepada segala yang ia lihat.
Sungguh jangan menganggap remeh sebuah dosa kecil
(Karena) sesungguhnya gunung pun tersusun dari kerikil- kerikil.

Umar bin Abdul Aziz berkata:
“Ketaqwaan itu bukan sekedar puasa disiang hari dan qiyam dimalam hari atau melakukan keduanya itu. Tapi taqwa itu meninggalkan apa yang dilarang Allah, mengerjakan apa yang difardhu kanNya, Maka yang Alloh anugerahkan selebihnya adalah kebaikan”.

Ditanyakan kepada Tholq bin Hubaib:

“Terangkan untukku tentang taqwa”.

Maka Tholq berkata: “Taqwa itu ber-amal dengan penuh kebaktian pada Allah atas dasar petunjuk cahaya Ilahiyyah, penuh harap atas pahala dari Allah, dan malu kepada Allah (bila sampai melalaikan kebaktian kepada Allah)

Dinukil dari AL-GHUNYAH – Syeikh ‘Abdul Qoodir Al- Jilaniy

Maka simpulkanlah Taqwa dari berbagai pendapat tokoh tokoh di atas, dan jadikan dirimu sebagai Muttaqyn atas yang kamu simpulkan…
TINGKATAN DALAM IMAN

Pengetahuan tentang tingkatan tingkatan iman ini sangat penting, tak lain agar kita disamping introspeksi diri sendiri, ketika berhadapan dengan Masyarakat masalah tingkatan tingkatan iman ini menjadi sebuah pertimbangan khusus. jangan sampai karena tidak mengetahui tingkatan tingkatan iman sehingga kita memperlakukan Masyarakat dengan ukuran yang awur awuran.

Dengan kata lain, tingkatan tingkatan iman itu adalah sisi dari psikologi Ummat, yang antara satu dengan yang lainnya saling berbeda dan berbeda pula cara penyikapan kita kepadanya.

Walaupun Iman itu bersifat Qolbiyyah atau simpanan hati, namun bagi orang yang jeli, tingkatan tingkatan iman dapat diketahui dari tingkat ketaatan seseorang, sikap dan prilakunya juga akan otomatis menjadi cermin dari tingkatan tingkatan iman yang ada.

( غرة )

Ghurrotun (masalah yang bagus)

مراتب الايمان خمسة :

Marotibul Iimaani Khomsatun

“tingkatan iman itu ada lima”,

اولها إيمان تقليد،وهو الجزم بقول الغير من غير ان يعرف دليلا،وهو يصح إيمانه مع العصيان بتركه النظر اي الاستدلال ان كان قادرا على الدليل.

Awwaluhaa Iimaanu taqliidin Wahuwal jazmu biqoulil ghoiri Min ghoiri an ya’rifa daliilan wahuwa yashihhu iimaanuhu Ma’al ‘ishyaani bitarkihinnadzro ayil istidlaala in kaana qoidiron ‘aladdaliili.

“tingkatan pertama adalah Iman Taqlid,yaitu berpegang teguh pada perkataan orang lain tanpa mengetahui dalil.orang yang demikian sah imannya,tetapi iman yang disertai kedurhakaan(berdosa),karena sebab meninggalkan memikirkan dalil,alias mencari dalil kalau memang masih mampu untuk mencarinya”,

ثانيها : إيمان علم وهو معرفة العقائد بأدلتها وهذا من علم اليقين، وكلا القسمين صاحبهما محجوب عن ذات الله تعالى.

Tsaaniihaa : Iimaanu ‘Ilmin wahuwa ma’rifatul ‘Aqoo-idi biadillatihaa wahaadza Min ‘ilmil yaqiini wakilal qismaeni shoohibuhumaa mahjuubun ‘an Dzaatillaahi Ta’aalaa.

“tingkatan yang kedua adalah iman Ilmu.yaitu mengetahui ‘aqo-Id beserta dalil dalilnya.dan hal tersebut termasuk ilmul yaqiin,,dan pemilik kedua bagian itu terhalang dari Dzat Alloh Ta’aalaa”.

ثالثها إيمان عيان،وهو معرفة الله بمراقبة القلب فلا يغيب ربه عن حاضره طرفة عين بل هيبته دائماً في قلبه كانه يراه.وهو مقام المراقبة ويسمى عين اليقين.

Tsaalitsuhaa Iimaanu ”Iyaanin.wahuwa ma’rifatullohi bimurooqobatil qolbi Falaa yaghiibu Robbuhuu ‘An khoothirihi thorfata ‘ainin bal haibatuhu daa-iman fii qolbihi ka-annahu YarooHu.wahuwa maqoomul murooqobati wayusammaa ‘ainal Yaqiini.

“tingkatan ketiga adalah iman ‘Iyaan,yaitu ma’rifat Kepada Alloh dengan muroqobah hati,sehingga tidak ‘hilang’ tuhannya dari Ingatan hati walau hanya sekejapan mata,bahkan rasa takutnya kepada Alloh itu abadi,selamanya di dalam hatinya,seolah2 Dia (Alloh) Melihat kepadanya.dan iman ‘iyan itu maqom Muroqobah,dan dinamakan Iman ‘Ainul Yaqiin”.

رابعها : إيمان حق وهو رأية الله تعالى بقلبه وهو معنى قولهم : العارف يري ربه في كل شيئ وهو مقام المشاهدة ويسمى حق اليقين وصاحبه محجوب عن الحوادث.

Roobi’uhaa : Iimaanu haqqin.wahuwa Ru’yatulloohi Ta’aalaa biqolbihi wahuwa ma’naa qoulihim:Al-’Aarifu yaroo Robbahu fii Kulli Syai-in wahuwa maqoomul musyaahadati wayusammaa haqqol yaqiini,washoohibuhu mahjuubun ‘anil hawaaaditsi.

“tingkatan ke empat adalah iiman Haq.yaitu Melihat Alloh Ta’aalaa dengan Hatinya.seperti perkataan para ulama,’orang ‘Arif itu melihat Tuhannya pada tiap2 sesuatu,dan iman haqq itu termasuk maqom musyahadah.dan di sebut dengan haqqul yaqiin,dan yang memilikinya itu terhalang dari perkara perkara baru(Makhluq)”.

وخامسها: إيمان حقيقة،وهو الفناء بالله والسكر بحبه فلا يشهد الا إياه كمن غرق في بحر ولم يرله ساحلا والواجب على الشخص احد القسمين الأولين.

Wakhoomisuhaa:

Iimaanu haqiiqotin.wahuwal fanaa-u Billaahi wassakru bihubbihi Falaa yasy-hadu illaa iyyaah.kaman Ghoroqo fii bahrin walam yaro Lahu saahilan.walwajibu ‘alasy-syakhshi ahadul ‘qismaenil-Awwaliin.

“tingkatan kelima (terakhir) adalah Iman Haqiiqoh.yaitu fana dengan mengingat Alloh,dan mabuk akan cinta kepada Alloh.maka Ia tidak melihat kecuali kepada Alloh,seperti orang yang tenggelam kedalam Lautan.dan Ia tidak melihat laut itu ada pantainya.dan Wajib atas Mukallaf mengetahui dua bagian yang telah disebut pertama”.

اما ثلاثة الاخر فعلوم ربانية يخص بها من يشاؤ من عباده.

Ammats-tsalaatsatu Al-Aakhoru,fa’uluumun Robbaaniyyatu yakhushshu bihaa man Yasyaa-u Min ‘ibaaddih.

“adapun tiga tingkatan iman Terakhir maka itu Di sebut ilmu2 ketuhanan,yang khusus diberikan kepada orang yang di kehendakiNya”.

Kasyifatussaja,Lisysyaikh al-imam al-’Alim,Alfadlil Abi ‘Abdil ‘Mu’thi Muhammad Nawawi Aljawi

Halaman 9 cetakan Daaru Ihya Alkutub al’arobiyyah.

Wallohu A’lam….